Monday, October 12, 2020

cara membuat es cendol ala ibu heni

cara membuat es cendol ala ibu heni - Masih bersama saya resepbuheni, kali ini saya akan berbicara tentang cara membuat es cendol. Sebenarnya ingin sekali kokiheni berbagi tentang masakan lain, tapi berhubung dengan waktu saat ini yang sangat padat jadi terpaksa dech kokiheni  hanya bisa berbagi satu resep saja untuk hari ini.

Es cendol ini akan nikmat bila diminum siang hari atau saat cuaca panas. Apa lagi Saat bulan puasa wah pasti akan terasa lebih segar dan nikmat eits tapi minumnya jangan saat puasa, tapi tunggu saat buka puasa ya. Sebenarnya anda bisa saja membuat es cendol sekarang, karena saya akan memberikan sebuah resep es cendol yang pasti enak.

Untuk bahannya pun sangat mudah di cari dan harganya pun tidak terlalu mahal. Dengan membuat es cendol sendiri pastinya minuman ini akan lebih hiegenis dan menyehatkan. Sebenarnya bahan utama es cendol ini adalah Sagu tetapi jika kalian kesulitan mencari bahan tersebut bisa kok kita ganti menggunakan hunkwe agar lebih praktis tapi rasa tetap enak jangan khawatir.
Pasti kalian sudah tidak sabar ingin mengetahui cara membuat es cendol ini, yuk simak resep es cendol berikut ini:

resep es cendol, resep cendo, resep membuat es cendol, cendol, es cendol, cara membuat es cendol, cara membuat cendol
resep es cendol

cara membuat es cendol ala ibu heni


Bahan-bahan es cendol

  • 50 Gr hunkwe
  • 100 Gr tepung beras
  • 2 Lembar daun pandan
  • 500 ml air putih matang
  • Garam secukupnya

Cara membuat es cendol

  1. Campurkan tepung beras dan hunkwe, tuangkan air sedikit demi sedikit aduk hingga merata. jangan sampai kebanyakan air atau terlalu kental.
  2. siapkan air dingin dan es batu ke dalam baskom
  3. Jangan lupa siapkan juga saringannya ya
  4. air yang tersisa kita panaskan dengan kompor
  5. setelah mendidih tuangkan adonan tepung beras dan hunkwe tersebut sambil kita aduk terus sampai adonan sudah tertuang semua. Cek apakah airnya masih kurang atau sudah pas. Ciri-ciri cendol yang baik itu tidak terlalu lembek dan pasti juga mudah untuk kita aduk.
  6. Langsung kita tuangkan adonan tersebut kedalam saringan yang di bawahnya sudah terdapat baskom yang berisi air es dan es batu. untuk memutus adonan kita bisa menggoyangkan/ menggerak-gerakkan saringannya.
  7. adonan cendol yang jatuh di dalam baskom tersebut cendol akan langsung terbentuk

Bahan-bahan kuah gula merah

  • 2 lembar daun pandan
  • 500 ml air bersih
  • 500 ml gula merah

Cara membuat kuah gula merah es cendol

  1. Masukkan semua bahan tersebut kedalam panci dan kita rebus hingga mendidih
  2. angkat dan dinginkan

Bahan-bahan kuah santan es cendol

  • garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan
  • 1000 ml air santan

Cara membuat kuah santan es cendol

  1. Masukkan semua bahan tersebut kedalam panci dan rebus hingga mendidih
  2. Angkat dan dinginkan

Setelah semuanya matang tinggal kita siapkan saja wadah bisa gelas/ mangkuk. ambil cendol kemudian kita siram dengan kuah gula merah dan kasih kuah santan, yang terakhir kasih es batu.
Bagaimana tertarik untuk membuat es cendol? Gak usah khawatir tinggal ikuti saja resep dan cara membuat es cendol di jamin gak akan gagal dan pastinya enak.

Terima Kasih dan selamat mencoba.