Tuesday, November 17, 2020

Cara membuat lepet by koki heni

Hallo pembaca setia kokiheni.

Sebelum kita memulai cara membuat lepet, pembaca sekalian sebaiknya kita simak dahulu apa itu lepet. Bahasa lepet diambil dari bahasa jawa dan juga leupeut dari bahasa sunda, merupakan jajanan tradisional yang keberadaanya sekarang ini sangat jarang ditemui dipasar pasar tradisional, apalagi pasar modern sepertu supermarket. Keunikan dari jajanan lepet ini dibungkus menggunakan daun janur atau bisa menggunakan daun jagung, tergantung kita membuat lepet dari bahan apa yang akan kita buat, dan jajanan tradisional ini lazim ditemukan dilingkungan masyarakat Jawa dan Sunda. Disini penulis akan mengajak sahabat kokiheni untuk belajar cara membuat lepet, tetapi menggunakan bahan dasar jagung. Jagung merupakan bahan pengganti makanan pokok kita nasi, dikarenakan jagungpun mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi kurang lebuh 18,7gr, pati 5.7gr, 6,26 gr, dan juga pangan 2gr,sangat bagus kita konsumsi sebagai bahan pengganti beras. Jagung mempunyai nama latin zea mays L dan termasuk dalam famili poaceae yang diambil dari bahasa amerika latin. Dan jagung inipun bisa digunakan berbagai macam bahan olahan-olahan lainnya. Sahabat setia kokiheni..demikian tadi sekelumit tentang asal bahasa lepet dan farian yang kita gunakan ( jagung ).. marilah kita simak cara membuat lepet berikut ini.

LEPET


Bahan-bahan

  • 20 buah jagung muda
  • 1 butir kelapa agak muda yang sudah diparut
  • 200gr gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh vanili

Cara Membuat Lepet

  1. Jagung kita kupas, kemudian kita parut.
  2. Setelah jagung kita parut kemudian kita tumbuk hingga halus.
  3. Masukkan kelapa parut, gula pasir, garam dan vanili kedalam tumbukan jagung yang sudah halus tadi, kemudian kita aduk / uleni sampai rata.
  4. Setelah tercampur rata kemudian kita bungkus menggunakan kulit jagung.
  5. Adonan yang sudah kita bungkus menggunakan daun jagung, kemudian kita kukus sampai matang, pengukusan kurang lebih 45 menit.
  6. Setelah matang kita angkat kemudian lepet siap kita hidangkan.

Nah..pembaca setia kokiheni demikian tadi resep dan cara membuat varian lepet menggunakan bahan dasar jagung semoga bermanfaat bagi kita semua.

Selamat mencoba
Terimakasih